Kamis, 28 Agustus 2014
disiniberita.com - Desc
CPNS 2013
Ini Jumlah CPNS yang Lulus menurut Keterangan Kemen PAN RB
Nabila Fitri
Selasa, 24 Desember 2013 | 12:18:06
DISINIBERITA - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini telah mampu menarik minat tak kurang dari 1,5 juta penduduk di seluruh wilayah di Indonesia. Jutaan pelamaran ini tentunya membutuhkan keahlian dan kemampuan yang tinggi untuk bisa lolos dari serangkaian tes dari pemerintah.

Bagaimana tidak, dari 1,5 juta pelamar yang sudah mengajukan surat lamarannya, pemerintah hanya akan merekrut sekitar 65 ribu orang saja sebagai calon abdi negara.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), Setiawan Wangsa Atmaja seperti dilansir dari Liputan6.com menyebutkan, dari 1,5 juta warga negara Indonesia peserta CPNS tersebut, 877 ribu diantaranya masuk dalam pelamar jalur umum. Sementara pelamar dari jalur PNS honorer tercatat mencapai 642 ribu orang.

"Formasi atau kebutuhannya tahun ini sebanyak 65 ribu orang. Tapi itu pun tidak akan terisi semua," ujarnya.

Dari kuota PNS sebanyak 65 ribu orang, Setiawan mengaku, hanya 80% peserta yang lolos seleksi dan layak mengisi kursi sebagai pelayan publik tersebut. Sedangkan 20% sisanya tidak mencapai nilai ambang batas (passing grade) yang sudah ditetapkan.

Jika dihitung, Kemen PAN RB akan mengumumkan sebanyak 55.250 orang PNS hari ini (24/12/2013). Dari hasil perhitungan itu, sebanyak 25 ribu PNS akan ditempatkan di pusat dan sisanya didistribusikan ke daerah lain. "Kondisinya sama dengan tahun lalu, karena yang belum lolos tidak bisa memenuhi passing grade," ucap dia.

Masih banyaknya peserta seleksi CPNS yang tidak lolos, kata Setiawan, mereka tidak mampu mengejar standar penilaian karena keterbatasan kemampuan.

"Setiap tahun kualitas penilaian makin tinggi. Dengan tahun lalu saja berbeda karena pelamar-pelamar ini tidak merata kemampuannya. Misal di beberapa Kementerian/Lembaga atau khusus daerah Jawa dan Bali bisa terisi penuh dibanding di luar wilayah tersebut," terang Setiawan.(NF/Lip6)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.disiniberita.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!
Google+